Saturday, August 1, 2015

Taman Wisata Danau Tamblingan Bali



Taman Wisata Danau Tamblingan Bali
Taman Wisata Danau Tamblingan Bali

Taman Wisata Danau Tamblingan berlokasi di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia. Kawasan ini sering sekali dijadikan sebagai objek kegiatan untuk videografi dan fotografi. Hal tersebut dikarenakan daerah di sekitar Danau Tamblingan lebih bercorak dibandingkan danau di daerah lain di Bali. Bercorak karena di sekitar Danau Tamblingan dihiasi dengan sebuah pura yang berada di pinggir – pinggir danau. Walaupun begitu, danau ini hanya memiliki kedalaman kurang lebih 90 m dan luas permukaan sekitar 1,5 km, yang membuat danau ini lebih kecil dibandingkan danau lain yang berada di daerah Bali.

Sejarah Danau Tamblingan Bali


Sejarah Danau Tamblingan
Sejarah Danau Tamblingan

Pada pagi hari kawasan di Danau Tamblingan akan ramai dipenuhi dengan kabut, yang membuat daerah di sekitar danau menjadi lebih kuat kesan mistisnya. Hal ini bisa terjadi karena Danau Tamblingan berada di ketinggan 1000 meter diatas laut. Hal menarik lainnya menurut sejarah, dahulu di daerah ini pernah ada kehidupan bermasyarakat yang teratur, mulai dari sosial budaya, tata ekonomi dan tata pemerintahannya.

Asal muasal nama Danau Tamblingan dimulai pada abad ke sepuluh sampai empat belas masehi, dimana pada saat itu masih ada empat desa yang mengelilingi Danau Tamblingan, yaitu desa Umejero, Gesing, Gobleg dan Munduk. Nama Tamblingan berasal dari dua kata, yaitu tamba dan elingang. Tamba artinya adalah obat dan elingang artinya adalah kemampuan spiritual. Jadi Tamblingan artinya adalah kemampuan spiritual yang dapat dijadikan obat.

Konon air di Danau Tamblingan adalah sebuah air suci, sehingga para penduduk di keempat desa tersebut sepakat untuk menjaga kesucian danau tersebut. Namun pada suatu hari penduduk di keempat desa tersebut terkena wabah penyakit dan satu – satunya cara untuk menyebuhkan mereka adalah dengan mengambil air suci di Danau Tamblingan. Kemudian seorang spiritual suci datang ke danau tersebut dan mengambil air disana. Dengan kemampuan spiritual dan doa yang dipanjatkan oleh orang tersebut, penyakit yang menyerang keempat desa dapat disembukan dengan basuhan air dari Danau Tamblingan.

Sejak kejadian tersebut, daerah sekitar Danau Tamblingan banyak dikelilingi oleh pura. Seluruh pura di Danau Tamblingan memiliki daya tarik yang kuat, karena bentuk mereka yang indah menyerupai lansekap. Diantara pura – pura tersebut yaitu adalah Pura Tirta Mengening, Naga Loka, Pengukusan, Batulepang, Embang, Gubug, Pengukiran, Ulun Danu, Sang Hyang Kawuh, Dalem Tamblingan dan Endek. Masih ada dua pura lagi yang berbeda dari pura – pura lainnya yang ada di Danau Tamblingan, yaitu Pura Embang dan Pura Tukang Timbang, yang merupakan pura peninggalan abad ke sepuluh pada masa pra-Hindu.

Apa saja yang dapat anda lakukan di Taman Wisata Danau Tamblingan Bali?

 

Tamblingan Bali
Tamblingan Bali
 
Bali bukan hanya wisata pantai, tapi di utara Gunung Lesung terbentang panorama keindahan alam Buleleng yang mengundang decak kagum bagi siapa saja yang melihatnya. Disini anda tidak hanya disuguhi pemandangan alam, tapi juga diberi kesempatan untuk langsung menyaksikan Danau Tamblingan yang terkenal dengan keindahannya dan menjelajahi pura – pura Umat Hindu di daerah sekitar. Jadi jika anda yang berkunjung ke daerah Bedugul, maka tidak ada salahnya untuk mampir menyambangi Danau Tamblingan yang masih alami ini.

Taman Wisata Danau Tamblingan memiliki tiga tipe ekosistem, yaitu ekosistem hutan alam, hutan tanaman dan perairan. Selain Danau Tamblingan disini juga terdapat dua danau lainnya yang mengelilingi Gunung Lesung, yaitu Danau Bunyan dan Danau Beratan. Ketiga danau tersebut terjaga dengan baik tanpa terusik oleh arus globalisasi, sehingga membuat alamnya masih tampak alami dan asri. Masyarakat setempat menggunakan ketiga danau tersebut sebagai sumber kehidupan dan ketiga danau tersebut juga berfungsi sebagai sumber resapan air di daerah tersebut.

Danau Tamblingan Bali
Danau Tamblingan Bali

Trekking atau berkemah

Aktifitas yang biasa dilakukan di danau ini adalah trekking. Anda dapat menyusuri keindahan alam Danau Tamblingan dan danau – danau sekitarnya yang masih alami dan asri. Anda juga dapat membaur dengan warga setempat dan mempelajari budaya mereka. Selain trekking disini juga biasanya dijadikan sebagai tempat untuk berkemah bagi para wisatawan atau penduduk lokal.

Danau Tamblingan
Danau Tamblingan

Menyewa perahu tradisional

Anda bisa menyewa perahu tradisional yang berada di pinggir – pinggir danau milik nelayan setempat. Pemandangan di tengah – tengah danau benar – benar menyejukkan dan akan sayang jika anda tidak mengabadikannya dengan berfoto di tempat ini

Bird Watching
Bird Watching

Bird Watching

Disini anda dapat mengamati beraneka ragam burung, mulai dari burung air sampai burung darat.

Jungle Monkey Forest
Jungle Monkey Forest

Jungle Monkey Forest

Di dekat kawasan Danau Tamblingan juga terdapat Jungle Monkey Forest, yaitu habitat kera – kera yang semakin hari jumlahnya semakin banyak di daerah ini. Lokasinya berada dekat dengan Danau Buyan, di jalur antara Denpasar dengan Singaraja. Jadi, jika anda yang tertarik untuk melihat atraksi kera – kera jenaka yang lucu atau bermain bersama mereka, singgahlah ke hutan para kera ini yang letaknya tidak jauh dari Danau Tamblingan.

Apa saja transportasi menuju Taman Wisata Danau Tamblingan Bali?


Bagi anda yang sudah berada di Bali, tidak usah bingung karena terdapat banyak trasnportasi menuju Taman Wisata Danau Tamblingan Bali, mulai dari transportasi umum, sewa, sampe agen perjalanan yang dapat membawa anda ke daerah ini. Perjalanan dari Denpasar menuju Taman Wisata Danau Tamblingan Bali kira – kira sekitar 3 jam lamanya. Terdapat dua jalur yang dapat anda gunakan untuk mencapai tempat wisata ini.

Jalur pertama adalah melewati jalur Danau Bedugul. Jika anda terus berjalan mengikuti arah, maka anda akan melihat sebuah gerbang di sebelah kiri jalan yang terdapat tulisan akses menuju Danau Tamblingan dan Danau Buyan. Jalan saja terus melewati jalur ini dan anda akan sampai langsung di tepi kedua danau tersebut

Jalur kedua adalah melewati sisi atas kedua danau tersebut. Dimulai dari Danau Bedugul, kemudian anda jalan saja lurus kedepan sampe bertemu dengan pertigaan, kemudian belok kiri. Setelah itu ikuti saja jalan dan anda akan sampai di sisi atas Danau Tamblingan dan Danau Buyan.

Apa saja akomodasi di Taman Wisata Danau Tamblingan Bali?


Jika anda tertarik untuk mengeksplorasi lebih wisata alam ini lebih dalam dan tidak sempat melakukannya dalam satu hari, maka tidak ada salahnya jika anda bermalam di Taman Wisata Danau Tamblingan Bali ini. Karena disini banyak terdapat guesthouse dan homestay yang dapat anda jadikan untuk tempat bermalam. Berikut beberapa akomodasi disana yang dapat anda jadikan refrensi.

Karangsari Guesthouse (0821-44844-844)
Puri Lumbung Cottage (0362-7012887)
Puri Sunny Hotel (0817-345-869)
Manah Liang Bungalow (0362-7005211)
Taman Ayu Homestay (0899-0155-357)

No comments:

Post a Comment