Sunday, July 26, 2015

Pantai Tapak Paderi Bengkulu


Tapak Paderi
Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi adalah salah satu tujuan wisata terbaik di Provinsi Bengkulu. Dengan garis pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia, Pantai Tapak Paderi Bengkulu menyatu dengan Pantai Panjang atau yang biasa disebut Long Beach, membuat pantai seluruh Provinsi Bengkulu tampak membentang tak berujung, membuatnya terlihat menyenangkan untuk relaksasi di laut dengan pasir dan mataharinya yang sangat indah

Berjalan-jalan di sepanjang Tapak Paderi pengunjung dapat mengagumi keindahan laut Bengkulu, melihat matahari terbenam yang mempesona atau menikmati seafood dan jagung bakar di sepanjang pesisir pantai atau di atas perahu.

Selain keindahan alamnya, objek wisata di Tapak Paderi adalah wisata sejarah, salah satu hal yang membedakannya dari pantai-pantai yang lainnya. Tapak Paderi merupakan pusat pelabuhan pertama di Bengkulu. Pelabuhan ini juga menghubungkan transportasi laut dari Pemerintah Inggris. Pelabuhan ini terletak hanya 100 meter dari Benteng Marlborough, benteng yang dibangun oleh Inggris pada awal abad ke-18. Benteng ini dan Monument Thomas Parr adalah salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi di Provinsi Bengkulu. Sepanjang pantai ini, Anda juga dapat melihat Chinatown yang dulunya juga merupakan pusat utama dalam kegiatan bermasyarakat sehari – hari.

Pantai Tapak Paderi juga merupakan lokasi dari festival tahunan Provinsi Bengkulu yaitu Bengkulu Tabot Festival. Ini adalah acara budaya yang memamerkan berbagai pertunjukan seni dan tarian, kerajinan tradisional, pasar, kompetisi, dan banyak lagi.

Apa saja yang bisa anda lakukan di Pantai Tapak Paderi?


Fort Marlborough
Fort Marlborough
Berjalan – jalan santai di sepanjang Pantai Tapak Paderi yang berpasir lembut, menikmati angin laut dan suara gelombang bergulir berpercikan di tepi pantai. Berjemur di sinar kilauan matahari terbenam setiap sorenya. Saat Anda berjalan, Pantai Tapak Paderi akhirnya akan bergabung menjadi Pantai Panjang dan akhirnya menjadi Pantai Jakat; setiap pantai indah dengan keanekaragaman mereka sendiri, dihiasi dengan pohon-pohon pinus yang menjulang dan bergoyang – goyang dalam angin laut yang tenang.

Hotel, cottage dan restoran berada di sepanjang garis pantai. Anda juga dapat menemukan jogging track, kolam renang dan banyak toko-toko souvenir. Olahraga air seperti jet ski dan banana boat juga tersedia untuk disewakan. Sepanjang pantai, penjual makanan menjajakan berbagai makanan ringan yang lezat dan ada juga nelayan yang menjual hasil tangkapannya.

Bergabung dengan tour wisata sejarah untuk mengunjungi Fort Marlborough, benteng Inggris yang dibangun di pantai barat Sumatera. Di dalam benteng Anda dapat melihat ruang tahanan, gudang senjata, kantor, meriam kuno, sebuah terowongan panjang dan sebuah pemakaman untuk Pahlawan Perang Inggris.

Tapak Paderi Bengkulu
Tapak Paderi Bengkulu

Berbelanja

Diketiga pantai Bengkulu, Tapak Paderi, Panjang dan Jakat, Anda dapat menemukan deretan kios yang menjual souvenir dan pernak – pernik khas dari Bengkulu.

Kuliner

Makanan laut adalah makanan favorit daerah Bengkulu, biasanya cara masaknya dipanggang atau dibakar. Martabak juga makanan yang sangat populer di Bengkulu. Pisang goreng dan jagung bakar juga tidak ketinggalan, makanan tradisional yang satu ini adalah makanan yang paling populer diantara makanan tradisional lainnya. Sebagian besar kuliner di daerah Bengkulu dapat dengan mudah anda temukan di sepanjang pantai.

Apa saja transportasi menuju Pantai Tapak Paderi Bengkulu?


Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi
Jika anda ingin menggunakan jalur udara, bandara Fatmawati di Bengkulu tersedia untuk penerbangan domestik. Namun maskapai yang terbang ke bandara ini hanya dari Jakarta dan Batam. Jadi anda harus pergi ke Jakarta atau Batam dahulu, baru dilanjutkan ke Bengkulu lalu Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi terletak sekitar 15 kilometer dari bandara. Untuk sampai  kesana, anda dapat menyewa mobil atau naik taksi, yang akan memakan waktu sekitar 40 menit untuk sampai pantai tersebut. Jarak Pantai Tapak Paderi sekitar 10 menit dari pusat kota Bengkulu, dan dapat diakses dengan mobil, minibus, taksi atau sepeda motor.

Apa saja akomodasi di Pantai Tapak Paderi Bengkulu?


Ini adalah beberapa hotel yang berada di didalam kota.

Hotel Raffles City
Jl. Pariwisata No. 1, Pantai Panjang Bengkulu
Tel: +62736-27173/25762/25099
Fax: +62736-25728

Hotel Nala Sea Side Cottage
Jl. Pariwisata No 2, Pantai Panjang Bengkulu
Tel: +62736 344855

Hotel Puri Bidadari Beach
Jl. Pariwisata No 4, Pantai Panjang Bengkulu
Telp: +628153923777

Hotel Permata Gading
Jl. Pantai Nala No 133, Pantai Panjang Bengkulu
Tel: +62736 21855

Hotel Pasir Putih Resort
Jl. Pariwisata, Pantai Panjang Bengkulu
Tel: +62736 25338

Hotel Grand Marina
Jl. Pariwisata, PantaiPanjang Bengkulu
Tel: +62736-5611001

Hotel Malibu Beach Hotel
Jl. Pariwisata, Pantai Panjang Bengkulu
Telp: +62736-5611001, +62736-5611183

Hotel Empang Wisata
Jl. Pariwisata, Pantai Panjang Bengkulu
Tel: +62736 26309

No comments:

Post a Comment