Tuesday, July 28, 2015

Wisata Sejarah Ketangguhan Benteng Otanaha

Benteng Otanaha
Benteng Otanaha

Sejarah Benteng Otanaha yang juga merupakan sejarah kota Gorontalo berdiri kokoh diatas bukit, seakan mempertegas dengan wajah kusamnya dan usianya yang sudah berpuluh – puluh tahun dia mampu menjaga keindahan Kota Gorontalo dari Puncak Bukitnya. Letak Benteng Otanaha Gorontalo di Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Tepatnya dekat dengan Danau Limboto.

Apa saja yang dapat anda lakukan di Benteng Otanaha?


Benteng Otanaha Gorontalo
Benteng Otanaha Gorontalo

Berkeliling

Anda yang memimpikan berada di puncak kota Gorontalo dapat merealisasikannya dengan pergi ke sebuah bukit istimewa. Bukit yang akan membawa anda ke sebuah perjalanan yang sedikit panjang, dengan tantangan yang cukup menguras fisik dan mental. Karena anda harus melewati 348 anak buah tangga, namun tersedia juga 4 tempat persinggahan yang dapat anda gunakan untuk beristirahat. Benteng Otanaha, menawarkan segala keindahan alamnya dengan sedikit kerja keras. Semua keletihan akan terbayar saat anda sampai di puncak benteng dan melihat pemandangan yang begitu menakjubkan di segala arah anda memandang.

Di atas bukit anda akan merasakan suasana yang tenang seperti anda sedang beryoga, ditambah dengan hembusan angin yang semilir – semilir menampar membawa kita dalam kantuk. Dari atas Benteng Otanaha keindahan Kota Gorontalo dilukiskan dengan gambar Benteng Otanaha berdampingan dengan sawah – sawahnya yang hijau terbentang luas, perbukitan kehitaman yang begitu cantik disinari sang matahari dan Danau Limboto yang sejuk dipandang mata karena panoramanya yang indah.

Selain Benteng Otanaha, terdapat 2 benteng lainnya yang sayang jika anda tidak menginjakkan kaki kesana sekedar melihat – lihat dan mencari tau. Diantaranya adalah benteng Ulupahu dan Benteng Otahiya

Kuliner

Di kota ini menyajikan menu tradisional dan internasional. Jadi anda akan mudah menemukan makanan yang sesuai dengan selera anda, bahkan makanan khas daerah ini akan terasa tidak asing di mulut anda. Bagi anda yang mencintai makanan laut maka disinilah surga bagi anda, karena disini yang paling enak adalah olahan lautnya. Contohnya seperti perkedel dan pepes ikan nike, yang biasanya menggunakan bumbu khas daerah Gorontalo yang dibungkus daun pisang lalu dipanggang.

Berbelanja

Anda yang ingin membawa pulang oleh – oleh cinderemata khas Gorontalo harus membeli Kerawang, yaitu salah satu kain tenun khas Gorontalo yang langsung ditenun oleh tangan menggunakan teknik tradisional Gorontalo. Semua kain ini bisa digunakan untuk pria dan wanita, baik kecil maupun dewasa, jadi anda tidak perlu repot soal ukuran dan motif. Selain kain tenun, anda dapat membawa pulang ornamen kayu yang diukir dengan rumit dan indah, ornamen kayu ini dapat ditemukan hampir di seluruh kabupaten di Gorontalo.

Apa saja transportasi menuju Benteng Otanaha?


Sejarah Benteng Otanaha
Sejarah Benteng Otanaha

Jalur penerbangan adalah yang paling cepat untuk menuju Gorontalo. Hampir semua kota mempunyai maskapai yang membuka rute perjalanan ke daerah ini. Bahkan jika anda yang dari Jakarta, hampir setiap hari terdapat jalur penerbangan ke daerah ini.

Jika anda sudah sampai di Gorontalo, perjalanan menuju Benteng Otanaha sekitar 20 KM dari Bandara Jalaludin Isimu dan 8 KM dari Kota Gorontalo. Karena tidak tersedia transportasi umum yang dapat mengantar anda menuju Benteng Otanaha, maka anda dapat menggunakan jasa becak motor atau yang biasa disingkat bentor untuk mengantar anda ke lokasi dengan waktu perjalanan sekitar 20 menit.

Pintu gerbang Benteng Otanaha dapat anda temui setelah anda melewati beberapa poin, yaitu pertama anda akan melalui Jalan Trans Batuda yang berada di Kecamatan Batuda dan Kecamatan Bongomeme. Kemudian anda akan melewati perbatasan antara Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo, yang akhirnya tiba di Kelurahan Dembe I. Pintu gerbang akan anda jumpai di sebelah kanan jalan


Apa saja akomodasi yang dapat anda temukan di Benteng Otanaha?


Gambar Benteng Otanaha
Gambar Benteng Otanaha

Bagi anda yang berencana mengunjungi Benteng Otanaha sebaiknya anda sudah mendapatkan akomodasi di Kota Gorontalo. Karena di sekitar daerah Benteng Otanaha tidak terdapat hotel ataupun penginapan. Berikut beberapa hotel yang bisa anda jadikan refrensi untuk bermalam.

Quality Hotel Gorontalo
Jl. A. Yani Kota Gorontalo
Tlp: (0435) 822222, Fax (+62435) 821111

Saronde Hotel
Jalan. Walanda Marmis
Tlp: (0435) 824144

Yulia Hotel
Jl. Ahmad Yani
Tlp: (0435) 828395

Wisata Hotel
Jl.23 Januari
Tlp : (0435) 821736

City Hotel
Jl. Basuki Rahmat
Tlp : (0435) 822437

Krawang City Hotel
Jl.Basuki Rahmat
Tlp: (0435) 822437

Citra Hotel
Jl. Merdeka
Tlp: (0435) 821249

No comments:

Post a Comment