Sunday, July 26, 2015

Belitung Negeri Laskar Pelangi

Belitung
Belitung

 

Apa Saja Yang Bisa Dilukakan di Belitung?


Belitung, Samatra Indonesia. Selain kegiatan pantai seperti berenang di laut yang jernih dan bermalas-malasan di pantai pasir putih, Bangka Belitong memiliki banyak hal lain untuk ditawarkan. Snorkeling adalah olahraga terbaik yang dapat dilakukan disini. Karang – karang dengan bentuk yang fantastis di lepas pantai. Berkeliling pulau merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Bangka Belitong memiliki banyak pulau kecil yang tak berpenghuni disekitarnya. Beberapa pulau terlihat seperti patung abstrak yang terbuat sepenuhnya dari batu granit. Perahu nelayan lokal akan dengan senang hati membawa Anda berkeliling atau menyebrang dengan biaya yang sepantasnya. Menyisir dan berjalan sepanjang pantai menemukan teluk tersembunyi dan pantai rahasia merupakan bentuk aktivitas sehat lainnya disini.

Lepas pantai yang masih bersih dan murni, laut pulau Bangka Balitung menawarkan kegembiraan untuk bersnorkeling dan menyelam. Diantara tempat terbaik untuk snorkeling dan menyelam adalah Pantai Batu Penyu, Tanjung Binga atau Pantai Bukit Berau, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Batu Camar, Pulau Kelayang, Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Babi, Pulau Lengkuas dan Pulau Memperak

Berbagai bentuk dan warna terumbu karang, bersama dengan ratusan jenis ikan dan air biru indah yang jernih memanggil setiap penggemar selam untuk menjelajahi laut Bangka Balitung yang hampir dikenal diseluruh pelosok dunia ini. Bagi anda pencari adrenalin, maka anda dapat mencoba sensasi menyelam sambil menonton hiu di Pulau Nangka, berenang dengan penyu sisik di Pulau Lengkuas, menjelajahi gua-gua di Seadong Island, dan menikmati keindahan ubur-ubur di sepanjang pantai. Dan ada banyak tempat yang unik untuk dieksplorasi seperti: Karang Selai, Batu Selutik, Batu Malang penyu, Karang Bugis, Batu Mandi, Kunyit Island, Buku Limau Island, Mempirak Pulau Keran Island.

Pusat Kota Tanjung Pandan cukup menarik karena banyak bangunan Kolonial Belanda dan rumah toko. Sebagian besar gedung-gedung pemerintah adalah bangunan Belanda asli dan masih ada kompleks tua milik perumahan penambangan timah Belanda. Kerajinan memancing tradisional Bugis dan bermacam-macam barang dari kapal lain membuat dermaga dan pasar ikan menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, terlebih karena aromanya yang menggoda.

Metode penambangan timah tradisional sangat menarik untuk ditonton, tidak ada bahan kimia, hanya air dan lumpur. Bahkan bagi mereka yang tidak tinggal disini, perkebunan sawit, kelapa dan lada dapat menjadi hal yang menarik untuk dilihat.

Secara Budaya, Belitung kaya akan keragaman penduduk. Lihatlah rumah kayu tradisional bergaya Melayu yang mengingatkan Anda tentang Karibia, atau rumah-rumah mengangkat tradisional Bugis yang mana setengah dermaga mereka digunakan untuk mengeringkan ikan. Sebuah kuil Buddha Cina, dikatakan salah satu yang tertua di Indonesia, dibangun oleh korban yang selamat dari sebuah kapal dagang Cina kuno. Ada juga imigran Bali yang memiliki komunitas berkembang yang terus melanjutkan tradisi dan agama mereka layaknya di Bali.

Bangka Belitong
Bangka Belitong

Berkeliling

Belitung cukup kecil karena beberapa poin yang menarik di pulau ini dapat dicapai dalam waktu kurang dari dua jam dari Tanjung Pandan. Namun, di pulau ini tidak ada taksi dan transportasi umum di pulau ini sulit untuk ditemukan, sehingga satu-satunya cara praktis untuk bergerak ke sekitar pulau adalah dengan menyewa mobil atau sepeda motor.

 

Berbelanja

Kunjungan ke Belitung tidak akan lengkap rasanya tanpa membawa pulang sesuatu yang istimewa. Ada beberapa hal yang dapat Anda cari yang jika anda berkeliling di sepanjang pulau.

Batu Sasam
Satam adalah batu hitam yang bentuknya seperti batu biasa yang biasa digunakan untuk perhiasan. Apa yang khas dari Satam adalah ukiran alami yang acak pada permukaannya yang dapat menyerupai berbagai bentuk yang unik. Menurut masyarakat setempat, batu Satam (disebut BILLITONITE di era kolonial Belanda) hanya dapat ditemukan di Belitung dan diyakini berasal dari Asteroid yang jatuh di pulau Belitung berabad-abad tahun yang lalu.

Kerupuk Belitong
Keripik renyah ini terbuat dari beberapa jenis makanan laut. Ada keripik ikan, keripik udang dan keripik cumi – cumi. Keripik ini dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko di Tanjung Pandan atau Manggar.

Kerajinan Kerang
Aksesoris dengan warnanya yang warna-warni dan bentuknya yang unik, terbuat dari kerang membuat souvenir ini menjadi oleh – oleh yang mampu menyimpan setiap kenangan anda di pulau ini. Mengambil bentuk seperti burung, kura-kura laut, kuda dan lain-lain, souvenir unik ini dapat ditemukan di beberapa toko-toko kecil di Tanjung Pandan.

Belacan Belitong
Ini adalah semacam bumbu yang terbuat dari fermentasi udang yang ditumbuk dan ikan kecil yang biasa dikenal dengan nama terasi. Pasta udang yang terkenal berasal dari Belitung, tepatnya desa Sujok. Pasta udang ini bisa terkenal karena pasta udang dari desa Sujok terbuat dari udang yang segar, dengan demikian pasta udang desa Sujok memiliki rasa khusus dibandingkan dengan pasta yang lain. Belacan Belitung dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko atau pasar lokal di Tanjung Pandan.

Sambal Lingkong
Warga Jakarta menyebutnya Abon Ikan (ikan yang telah direbus dan digoreng), karena lebih seperti abon daripada sambal (saus). Namun, masyarakat Belitung menggolongkan ini sebagai saus karena rasanya sedikit pedas. Sambal Lingkong terbuat dari ikan Tenggiri dicampur dengan cabe pedas dan kelapa. Makanan luar biasa ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar lokal di Tanjung  Pandan dan Manggar.

Kuliner

Jika Anda sudah familiar dengan makanan Indonesia, ada banyak restoran besar di Tanjung Pandan menyajikan Nasi Padang atau makanan Cina. Ada banyak toko dan supermarket di Tanjung Pinang yang menyediakan kebutuhan sehari - hari. Di Tanjung Tinggi ada banyak restoran seafood tradisional dan restoran standar internasional yang berada di dalam hotel yang terletak di sepanjang pantai yang indah.

Hidangan khusus Pulau Belitung adalah Suto Belitong, yang terdiri dari sup, kue dan sayuran beras; dan Belitung Mie. Di antara beberapa menu favorit lainnya dari Belitung yaitu Gangan (sup ikan), Pais (ikan panggang pedas), ikan goreng, sup kepiting kelapa susu, cumi goreng, udang atau ikan.

Apa saja transportasi yang anda bisa gunakan untuk menuju Pulau Belitung


Bangka Balitung
Bangka Balitung

Udara

Dari Jakarta cara termudah untuk sampai ke Belitung jelas dengan pesawat udara. Ada beberapa pesawat Boeing 737 yang terbang setiap hari yang dilayani oleh Sriwijaya Air dan Batavia Air berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. langsung ke Bandara  H.A.S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, Belitung. Semua penerbangan dari Jakarta ke Belitung berangkat dari terminal 1B Bandara Soekarno Hatta. Penerbangan ini memakan waktu sekitar 45 menit dan akan dikenakan biaya sekitar USD 40 atau USD 70, tergantung pada kelas yang anda pilih.

Laut

Aleternatif lain, Anda dapat mengambil rute laut dengan kapal penumpang PELNI, atau KM Tristar dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Perlu diingat bahwa kapal hanya melakukan perjalanan ke Belitung setiap 2 minggu sekali. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 24 jam. Perjalanan akan dikenakan biaya kurang dari USD 15.

Dari ibukota Propinsi yaitu Pangkal Pinang, Anda bisa menuju ke Pulau Belitung dengan menggunakan Kapal Bahari dengan kecepatan tinggi yang akan memakan waktu 4 jam. Ini adalah cara yang jauh lebih nyaman menggunakan transportasi laut, karena dilengkapi dengan pendingin udara. Perjalanan ini akan dikenakan biaya sekitar USD 17/sekali perjalanan. Kapal Bahari Ekspres berangkat setiap hari pukul 14.00 dari Pangkal Pinang, Bangka, Belitung, dan dari pukul 07.00 dari Tanjung Pandan Belitung ke Pangkalpinang.

Apa saja akomodasi di Pulau Belitung?

Samatra Indonesia
Samatra Indonesia
Disana terdapat beberapa hotel dan penginapan yang dapat anda pilih untuk menghabiskan liburan anda di pulau tersebut. Ini adalah beberapa refrensi akomodasi yang dapat anda pilih. Jika anda kurang berkenan, anda dapat mencarinya dan membooking secara online.









Hotel Makmur
Jl. Depati Endek No.23 33411
Tanjung Pandan - Belitung
Phone: +62 719 21086 , 213230
Fax: +62 719 22112

Pondok Impian
Jl. Pattimura No.08 Tanjung Pandan 33415
Tanjung Pandan - Belitung
Phone: +62 719 22076 , 25298 , 23190
Fax: +62 719 22381

Bukit Berahu Cottages
Desa Tanjung Binga, Sijuk
Tanjung Pandan - Belitung
Phone: +62 719 23633

Surya
Jl. Depati Endek 808
Tanjung Pandan - Belitung
Phone: +62 719 21550

Hotel Dewi
Jl. Sriwijaya No.122
Tanjung Pandan - Belitung
Phone: +62 719 21134

Esbe Inn and Restaurant
Jl. Jendral Sudirman No.23
Tanjung Pandan - Belitung
Phone: +62 719 24147 , 7003093
Email. sinarbunda@yahoo.co.id

Hotel Simpang Empat
Jl. Jendral Sudirman Simpang Empat
Manggar - Belitung Timur
Phone:  +62 719 91605

Nusa Indah
Jl. Pegadaian
Manggar - Belitung Timur
Phone : +62 719 91293

No comments:

Post a Comment