Wednesday, July 29, 2015

Ubud Sacred Monkey Forest Bali

Ubud Sacred Monkey Forest Bali
Ubud Sacred Monkey Forest Bali

Ubud Monkey Forest dimiliki dan dikelola oleh yayasan Wenara Wana Padangtegal bersama warga Desa Padangtegal. Sebagai pemilik dan pengelola tempat ini, mereka diharuskan untuk menjaga kesucian Ubud Monkey Forest. Selain itu mereka juga harus melestarikan dan mempromosikan situs suci ini sebagai salah satu tujuan wisata di Bali. Memang suatu tantangan yang berat untuk tetap memelihara keasrian serta keaslian tempat Ubud Monkey Forest dengan dijadikannya sebagai tempat wisata, namun inilah cara satu – satunya agar tempat ini mendapatkan pemasukan dan bertahan dari arus globalisasi.

Apa saja yang dapat anda lakukan di Ubud Monkey Forest?


Ubud Monkey Forest
Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest

Cagar alam ini terletak di komplek candi Ubud, Bali. Ubud Monkey Forest merupakan tempat suci yang banyak menarik minat pengunjung untuk hanya sekedar melihat – lihat tempat ini, hampir sekitar 10.000 wisatawan perbulannya yang datang ke tempat ini. Selain untuk melihat tempat suci ini, kebanyakan dari mereka tertarik untuk melihat bagaimana seekor monyet yang lincah beraksi dengan jenakanya. Ya disini merupakan cagar alam bagi 340 ekor monyet yang berjenis Macaca Fascicularis atau dalam Bahasa Indonesia adalah Kera Ekor Panjang. 

Monyet Ekor Panjang
Monyet Ekor Panjang

Melihat Monyet Ekor Panjang

Monyet – monyet ini biasanya berkelompok dan mempunyai kawasan wilayah sendiri untuk mereka berkumpul, di Ubud Monkey Fores ada sekitar 4 wilayah tempar mereka biasa berkumpul. Namun jika anda melihat sekumpulan monyet, jangan sampai anda membawa barang – barang berharga atau mencolok yang dapat menarik perhatian si monyet. Karena bisa – bisa barang – barang anda akan diambilnya dan mereka akan naik ke atas pohon membawa barang anda dan jika sudah begini cara satu – satunya untuk mengembalikan barang anda adalah dengan memanggil petugas setempat, menunggu monyet kembali turun atau memasrahkannya untuk si monyet.

Pura Dalem Agung
Pura Dalem Agung

Pura Dalem Agung Padangtegal dan Pura Madina Mandala

Hutan di Ubud kira – kira memiliki luas sekitar 27 hektar dan memiliki sekitar 115 jenis pohon. Jadi bagi anda yang berkunjung ke Ubud, tidak ada salahnya menikmati hutan yang begitu luas ini dengan pohonnya yang beraneka ragam. Atau jika ingin menikmati wisata budaya, anda dapat berkunjung ke Pura Dalem Agung Padangtegal dan Pura Madina Mandala, letaknya ada di dalam Ubud Monkey Forest. Disini anda dapat melihat candi dan kolam suci yang biasanya digunakan untuk upacara kremasi.

Ubud memang memiliki pemandangan yang menakjubkan, maka tidak heran jika banyak orang yang seperti terhipnotis jika datang ke tempat ini, karena keindahannya dapat membuat orang lupa dengan apa yang akan dilakukannya. Contohnya saja seorang inisiator dari Writers Festival & Ubud Readers bernama Janet DeNeefe. Suata hari dia dia di undang sebagai pembicara ke sebuah festival yang berlokasikan di Ubud, namun sebelum acara dimulai dia pergi keluar untuk berjalan – jalan di Ubud, tapi akhirnya dia tidak datang sama sekali ke acara tersebut dengan alasan dia lupa karena begitu terpesona dengan pemandangan indah yang dia nikmati di area sekitar ubud.

Jika anda berjalan – jalan di Ubud anda dapat menyewa sepeda motor atau sepeda sebagai sarana transportasi. Namun banyak pengunjung yang lebih memilih menyewa sepeda dibandingkan motor, karena kendaraan ini lebih ramah lingkungan dan mereka dapat melihat pemandangan di Ubud sambil bersantai. Tapi jalan di Ubud cenderung curam, karena kawasan ini terletak di daerah pegunungan, sehingga jika anda yang menyewa sepeda akan memerlukan tenaga lebih untuk menggowesnya. Namun jika anda tidak mau repot dan kelelahan maka motor dapat menjadi opsi yang lebih baik. Sedangkan mobil biasanya hanya digunakan untuk perjalanan jauh ke luar Ubud.

Apa saja transportasi ke Ubud Monkey Forest?


Ubud Monkey Forest terletak di Ubud, Bali. Jalur menuju Ubud Monkey Forest adalah jalur utama menuju Ubud, sehingga anda tidak akan melewatkannya. Transportasi yang dapat anda gunakan untuk pergi kesana beragam, mulai dari transpotasi umum, sewa mobil atau motor, atau agen perjalanan dengan paket yang siap membawa anda berlibur ke daerah – daerah sekitar Bali yang menawan termasuk Ubud Monkey Forest. Dan jika anda yang menginap di hotel, anda dapat meminta pihak hotel untuk menyediakan transportasi bagi anda menuju Ubud Monkey Forest.

Apa saja akomodasi di Ubud Monkey Forest?


Bagi anda yang ingin menginap di Ubud tidak usah khawati, karena di daerah ini begitu banyak pilihan tempat yang dapat dijadikan tempat bermalam untuk anda. Mulai dari hotel, hostel, villa sampai penginapan tersedia disini. Tergantung dari budget dan kenyamanan yang anda inginkan.
Berikut adalah beberapa tempat yang menawarkan pelayanan dan kenyamanan yang baik di daerah Ubud, diantaranya adalah Villa Kajane Mua dan Komaneka Resort dan di daerah Sayan Ubud ada Four Seasons Bali dan Maya Ubud Resort & Spa.

No comments:

Post a Comment