Saturday, July 25, 2015

Pulau Weh Sabang Aceh Indonesia




Weh Island
Weh Island

Weh Island atau Pulau Weh dengan Lokasinya yang berada di ujung barat kepulauan Indonesia membuat taman ini sering dilupakan. Terletak di gerbang utama Selat Malaka, yang pada umumnya sering dilalui oleh kapal yacht dan pesiar, karena bagian luat ini merupakan permata yang keindahannya begitu haus dinimkati pengunjung. Dikelilingi oleh beraneka ragam terumbu karang, dengan akses yang mudah dan ukurannya yang tidak begitu luas harusnya menjadi keatraktifan bagi pengunjung untuk datang ke pulau ini. Namun nyatanya pulau ini masih jarang tersentuh.

Apa saja yang bisa anda lakukan di Pulau Weh?


Pulau Diving
Pulau Diving

Menyelam

Menyelam adalah salah satu kegiatan yang paling populer di daerah ini. Maka tidak salah jika pulau ini sering disebut “Pulau Diving” dan menjadi diving destinations. Banyak penyelam handal yang pergi ke daerah ini untuk mengekspolarsi cantiknya alam bawah laut Pulau Weh. Hal yang paling menarik saat menyelam adalah anda dapat menyaksikan sendiri keajaiban tuhan, dimana Pulau Weh terpisah dari Pulau Sumatera berjuta – juta tahun silam.

Jika anda seorang pemula, disini terdapat jasa instruktur handal yang dengan senang hati akan membantu anda mempelajari teknik menyelam dan menjelajahi biota laut yang ada di Pulau Weh. Jadi jika anda seorang pemalu sangat dianjurkan untuk selalu disertai dengan instruktu, karena ombak Pulau Weh yang cukup kuat.

Berselancar

Selain menyelam, Pulau Weh juga terkenal dengan ombaknya yang kuat, sehingga membuat para peselancar mancanegara berani untuk merogoh kocek yang tidak sedikit hanya untuk merasakan dan menantang diri mereka mencoba ombak di Pulau Weh.  

Pulau Sabang
Pulau Sabang

Berkeliling Kota

Ibu kota dari Pulau Weh adalah Sabang. Rasanya tidak lengkap jika kita mengunjungi Pulau Weh tapi tidak ke Pulau Sabang, jadi jika anda pergi ke Pulau Weh sempatkanlah diri anda ke Pulau Sabang juga. Karena banyak pemangdangan kota yang indah yang bisa anda nikmati di Pulau Sabang. Biasanya para turis yang ke Pulau Sabang mengambil gambar dari sebuah bantalan tanda yang bertuliskan "Indonesia Nol Kilometer".

Jika anda yang ingin menambaha wawasan dan melihat kehidupan laut yang beraneka ragam anda bisa mengunjungi Resor laut. Selain wawasan tentang kehidupan laut, disini juga anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang sejarah, karena dia pulau ini terdapat bunker Jepang dari Perang Dunia II, Durian Keramat atau Durian Suci dan Kuburan bersejarah

Soal transportasi tidak perlu pusing dan repot, karena di pulau ini hampir semua kendaraan umum tersedia dan siap mengantar kita menuju tempat yang kita inginkan. Contohnya saja seperti becak roda tiga, sepeda motor, minibus, takis atau jika anda ingin yang lebih nyaman dan pribadi anda bisa menyewa mobil. Tetapi jika anda ingin menjelajahi Pulau Sabang, sebaiknya berjalan kaki saja, karena pulau ini tidak terlalu besar, jadi berjalan kaki akan lebih menyenangkan. Anda bisa menjelajahi sudut – sudut kota dan menjelajahi pantai – pantai di pulau ini dengan mudah.

Wisata alam

Selain berkeliling kota, anda juga bisa menikmati wisata alam di pulau ini. Wisata alam yang anda dapat temui di pulau ini salah satunya adalah air panas, gunung berapi dan air terjun.

Kuliner

Karena letaknya dekat dengan laut, menjadikan pulau ini menjadi kaya akan hidangan lautnya. Hampir seluruh pelosok pulau terdapat restoran yang menyajikan berbagai macam seafood. Jika anda memang penggemar seafood maka pulau ini adalah surga bagi anda. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba ke salah satu tempat yang kami rekomdasikan ini, seperti Chill Out Di Iboih, 7 Bungalows, Olala, Cafe Coco di Gapang, Naguna Dang Dang Na, Mama Jungle dan Bungong Sakura di Ujong Kareung

Berbelanja

Jika anda ingin berburu makanan khas dari daerah ini maka cobalah kunjungi Pasar Tradisional. Di Pasar Tradisional anda bisa menemukan makanan ringan khas daerah pulau ini, buah – buahan tropis yang segar dan lauk pauk tradisional sebagai oleh – oleh. Contohnya saja dodol disini terbuat dari tepung tertentu, gula kelapa, gula, dan kadang – kadang menggunakan buah. Selain dodol Pasar Tradisional menawarkan keripik, kue, roti khas daerah pulau ini. Kebanyakan makanan di pulau ini adalah organik, jadi datanglah ke pasar ini saat makanannya masih segar.

Jika anda tidak ingin berburu makanan, di pulau ini juga terdapat cinderamata atau suvenir yang dapat dijadikan pilihan sebagai buah tangan. Suvenir dari kayu kelapa disini biasanya dihadiahkan kepada pasangan yang anda cintai atau bisa juga dijadikan sebagai kenang – kenangan setelah menginjakkan kaki di pulau ini. Tempat ini adalah tempat untuk berbaur dan mempelajari budaya setempat. Jadi datanglah ke tempat ini di pagi hari ketika pasar masih ramai pembeli.

Apa saja transportasi ke Pulau Weh?


Udara

Rute penerbangan menuju Banda Aceh hampir dimiliki oleh semua maskapai, jadi silakan membooking pesawat dengan tenang dan nyaman sesuai jadwal yang anda inginkan. Setelah tiba di Banda Aceh di pagi hari anda dapat menggunakan feri di pelabuhan Ulee Lheue untuk menuju Pantai Gapang. Lama perjalanan biasanya kurang lebih 45 menit sampai 1 jam, jika anda menaiki speeadboat.

Darat

Jika anda dari pulau jawa, perjalanan darat akan memakan waktu yang cukup lama. Terlebih jika anda yang menggunakan transportasi umum untuk mencapai daerah ini, anda harus beberapa kali transit sebelum sampai di banda aceh. Pertama anda harus menyebrang dengan kapal melalui pelabuhan Merak yang kemudian dilanjutkan sampai Banda Aceh. Setelah di Banda Aceh anda dapat menaiki feri untuk mencapai tempat yang dituju.

Apa saja akomodasi di Pulau Weh?


Diving Destinations
Diving Destinations
Pondok Kayu, Jika anda yang ingin merasakan kehidupan sederhana khas alam bebas

Bungalo, Jika anda yang menginginkan kenyamanan lebih

Iboih, jika anda seoarang backpaker maka beberapa penginapan di sepanjanga pantai Iboih cocok untuk anda. Karena disini hampir semua backpacker, penyelam dan penginapan dunia bermalam. Beberapa penginapan tersebut adalah Mamamia Bungalow, Fatimah Bungalow, Fina Bungalow, Anna Bungalow, Ayub Guesthouse, Erick Guesthouse, Yulia Guesthouse dan O’ong Guesthouse.

Resor Pantai Gapang, jika anda seoarang penyelam, maka tempat ini mungkin cocok untuk anda bermalam, karena hampir semua penyelam berkumpul disini untuk melepas lelah. Terletak di sekitar Taman Laut Rubiah akomodasi yang tersedia disini contohnya adalah Ramadilla dan Gapang Jaya.

No comments:

Post a Comment