Thursday, July 30, 2015

Melihat Langsung Lumba – Lumba Liar di Pantai Lovina Bali

Pantai Lovina Bali
Pantai Lovina Bali

Sanur ataupun Seminyak bukanlah satu – satunya tempat liburan di Bali. Jika anda ke daerah Utara Bali, disana anda akan menjumpai Pantai Lovina Singaraja. Pantai ini terletak di Desa kalibukbuk, Kecamatan dan Kabupaten Buleleng, Bali. tepatnya sekitar 9 km dari kota Singaraja.

Pemandangan di desa ini cukup indah karena berada dekat dengan pantai yang berbentuk teluk. Jangan heran jika desa ini begitu ramai dengan pertukaran budaya dan perdagangan, karena dahulu disini dijadikan sebagai pelabuhan. Selain pantainya, laut Lovina juga tidak kalah cantik, dengan ikan yang beragam jenis dan bunga – bunga karang yang indah membuat laut ini terlihat eksotis dari kejauhan mata memandang.

Sejarah Pantai Lovina


Monumen Anak Agung Panji Tisna
Monumen Anak Agung Panji Tisna

Sosok seorang Anak Agung Panji Tisna yang mengelilingi Asia dan Eropa tidak bisa lepas dari sejarah Lovina. Saat perjalanannya menuju India dia tertarik dengan kondisi dan cara hidup orang Bombay, sehingga ia berfikir untuk menerapkan pengetahuan yang dia dapatkan disana bagi pembangunan masyarakat di Kabupaten Buleleng.

Hasil studinya ke India membuahkan hasil, untuk memperlihatkan aspirasinya sekembalinya Anak Agung Panji Tisna pada tahun 1953 dia langsung membuat sebuah pondok yang dinamakannya Lovina. Penginapan yang berguna untuk wisatawan yang ingin berlibur ke daerah ini, mempunyai restoran di pinggir laut dan 3 kamar tidur yang nyaman.

Lovina mempunyai arti cinta ibu pertiwi, Lov adalah singkatan dari kata love yang artinya cinta, sedangkan ina adalah bagamaina orang Bali memanggil ibu mereka. Karena tidak terlalu dikenal di Bali, nama Lovina sempat tidak boleh dipergunakan. Sehingga membuat Lovina sempat berganti – ganti nama menjadi Nirwana, Angsoka, Krisna, Manggala dan lain – lain.

Setelah bertahun – tahun lamanya akhirna nama Lovina dipakai kembali. Ini adalah permintaan dari para agen perjalanan dan pebisnis yang ingin berinvestasi di Pantai Lovina. Karena setelah dunia pariwisata Utara Bali berkembang, nama tersebut terlihat lebih cocok dan tersimpan nilai sejarah yang kuat di dalamnya. Dari sebuah nama penginapan menjadi nama Pantai indah yang terdapat 6 desa di sekitarnya, Pantai Lovina.

Apa saja yang dapat anda lakukan di Pantai Lovina?

 

Pantai Lovina
Pantai Lovina

 

Bermain di pantai

Pantai Lovina adalah salah satu pantai tercantik di Pulau Dewata. Disini anda dapat berwisata ke tengah laut dengan menggunakan perahu nelayan, karena ombak disini tidak terlalu besar dan relatif tenang. Namun sayangnya pasir di pantai ini tidak seperti pasir di pantai Bali pada umumnya. Pasir di Pantai Lovina berwarna gelap, hitam asli, namun itulah keunikan dari pantai ini dan anda dapat menikmatinya sambil bersantai di bawah kilau sinar matahari.

Pantai Lovina Singaraja
Pantai Lovina Singaraja

Melihat lumba – lumba liar di pantai lepas

Melihat langsung lumba – lumba liar bermain di habitatnya merupakan wisata yang paling terkenal di daerah ini. Ini adalah pemandangan yang paling dicari oleh semua wisatawan yang pergi ke Pantai Lovina. Mulai dari turis lokal dan mancanegara berlomba – lomba untuk dapat melihat langsung bagaimana lumba – lumba hidung botol tersebut beratraksi dengan lincahnya di depan mata mereka. Anda dapat menyaksikan lumba – lumba pintar ini bermain bersama kelompoknya di lautan lepas. Biasanya lumba – lumba ini muncil pada pukul 6 pagi, yaitu pada saat matahari baru mulai terbit.

Apa saja transportasi ke Pantai Lovina?


Ada 2 jalur yang dapat anda tempuh untuk menuju Pantai Lovina, mulai dari yang berkelok sampai lurus dan yang memakan waktu tempuh lebih cepat dan lebih lama.

Biasanya pengunjung dan agen perjalanan yang datang ke tempat ini menggunakan jalur Bedugul, yaitu jalur dengan kondisi jalan yang berkelok – kelok, jika anda menggunakan jalur ini anda akan menempuh waktu 2 jam dari Denpasar.

Jalur selanjutnya lebih nyaman dan tidak berkelok – kelok adalah jalur Gilimanuk. Jalannya relatif lurus, namun memakan waktu lebih lama, yaitu sekitar 4 jam perjalanan.

Apa saja akomodasi di Pantai Lovina?


Jika anda yang tidak sempat untuk melihat lumba – lumba di lautan lepas tidak usah khawatir, karena di Pantai Lovina terdapat hotel yang menyuguhkan atraksi lumba – lumba untuk pengunjungnya. Atraksi ini dapat anda saksikan di Melka Lumba – Lumba Hotel Resor Bali. Namun bagi anda yang hanya ingin bermalam, tersedia juga beberapa pilihan hotel dan penginapan yang dapat anda pilih, berikut beberapa refrensinya.

Lovina Beach Hotel Bali
Telp: 62-362-41005

Aneka Lovina Villas & Spa Bali
Jalan Raya Kalibukbuk Lovina Beach
Telp: 62-362-41827

Rini Hotel
Telp: 62-362-41386

Suma Beach Hotel Lovina
Telp: 62-362-41566

No comments:

Post a Comment