Friday, July 24, 2015

Wisata dan Berlibur ke Jayapura

Jayapura Papua Indonesia
Jayapura Papua Indonesia

Ibukota Provinsi Jayapura yang dihuni oleh lebih dari 100.000 jiwa penduduk dari pelosok Indonesia ini sejak dahulu sudah ramai, bahkan dahulu Sir Alfred Wallace menyebutkan bahwa pelabuhan di Jayapura lebih baik dibandingkan di Ternate atau Ambon. Kota ini adalah gerbang bagi para petualang yang ingin berpetualang di negeri Papua, Indonesia. Karena dari sinilah anda dapat memulai perjalanan ke Lembah Bailem, Danau Sentani atau mempelajari budaya dan sejarah setempat.

Apa saja yang bisa dilakukan di Jayapura?


Festival Danau Sentani
Festival Danau Sentani

Festival Budaya Danau Sentani

Festival Budaya Danau Sentani merupakan daya tarik utama pengunjung di Jayapura. Partisipan Festival Budaya Danau Sentani datang dari seluruh pelosok Indonesia, ada juga masyarakat lokal dari beberapa desa danau dari seluruh Papua. Mereka mengirimkan perwakilannya untuk berkompetisi menampilkan budaya dan keterampilan masing – masing. Saat festival dimulai, kita akan disuguhkan dengan tarian perang yang akan digelar diatas kapal, ini merupakan daya tarik yang paling atraktif bagi pengunjung.

Selain Festival Budaya Danau Sentani, Danau Sentani sendiri mempunyai keindahan tersendiri yang tidak dapak dipungkirkan. Dengan luas wilayah 96 KM persegi, danau yang sangat megah ini memiliki 19 pulau danau dan juga desa nelayan di tepi danau. Bagi anda yang suka dengan fotografi pemandangan di pulau ini sangat cocok sebagai target foto anda dan pagi dini hari atau senja adalah waktu yang tepat untuk menikmati keindahan Danau Sentani. Jika anda ingin pengalaman berfotografi yang lebih menakjubkan, anda dapat menyewa perahu. Dipenuhi barang kesenian dari 24 pulau yang kaya air di danau ini saat tenang, sehingga cocok untuk mengambil momen – momen yang bagus untuk berfoto.

Snorkeling, scuba diving dan menyelam

Jika anda yang ingin menikmati keragaman biota laut di Jayapura anda dapat pergi ke teluk Tanah Merah yang berjarak 60 KM. Tempat ini sangat ideal untuk snorkeling, scuba diving atau menyelam, karena di dasar laut lokasi tersebut terdapat bangkai kapal bekas Perang Dunia II. Tapi disini tidak menyewakan peralatan selam, jadi anda harus membawa peralatan menyelam sendiri.

Selain di teluk Tanah Merah anda juga dapat menyelam di teluk Pasir Enam. Jarak yang ditempuh cukup singkat dibandingkan dengan teluk Tanah Merah, hanya beberapa menit dari Jayapura menggunakan perahu anda sudah dapat mencapai teluk Pasir Enam. Atau jika anda ingin berjalan kaki, anda dapat berjalan sepanjang dari Angkasa II dengan lama perjalanan sekitar 1 jam

Berkeliling kota

Berkeliling kota di Jayapura dapat ditemput dengan berjalan kaki atau transportasi umum. Namun karena ukuran kota yang tidak terlalu luas, disarankan untuk berjalan kaki saja, agar dapat menikmati pemandangan kota secara kesuluruhan dan tidak repot harus turun naik kendaraan umum. Tapi, jika anda yang ingin menggunakan transportasi umum lokasinya ada di sebalah kantor pos. Transportasi disini cukup nyaman dan ekonomis. Disini juga menawarkan minibus sewaan jika anda ingin kendaraan yang lebih pribadi. Namun anda harus pintar – pintar menawar agar mendapatkan harga yang terjangkau, pastikan menyetujui harga sebelum anda menyewa jasa minibus sewaat tersebut.

Di Jayapura anda dapat berjalan – jalan dan menambah pengetahuan dengan berkunjung ke museum yang ada disana. Museum Universitas Cendrawasih dan Negeri menampilkan benda – benda dari masa penjajahan Belanda, koleksi artefak unik dari seluruh penjuru Papua dan benda – benda budaya lainnya yang biasa kita temukan di museum.

Gunung Ifar
Gunung Ifar

Mendaki gunung

Jika anda adalah seorang pendaki, maka di Jayapura ada sebuah gunung yang kaya akan sejarah dan pemandangan yang menakjubkan. Gunung tersebut adalah Gunung Ifar, disana anda akan disuguhkan pemandangan Danau Sentani dari atas puncak gunung yang begitu indah. Selain pemandangan, anda juga dapat melihat Monumen Jenderal Macarthur yang berjarak 6 KM dari Sentani. Jenderal Macarthur adalah ahli strategi peran, dan di tempat tersebut konon legendanya merupakan tempat Jendral Macarthur mencari inspirasi untuk strategi perang dunia ke duanya.

Kuliner

Hawaii terletak di taman kota, tepatnya disebelah bioskop. Disini tersedia nasi kotak atau bungkus dengan menu ayam, goreng, dan udang.

Himalaya menyediakan menu makanan berupa daging sapi, udang, katak, merpati, daging burung dan sotong. Anda dapat menikmati menu tersebut di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Matahari.

Rasakan pengalaman menyantap diatas air dengan pemandangan dermaga utama di Jaya Grill. Disini menunya cukup lengkap antara lain babi, katak, daging sapi, ayam, cumi, kepiting, steak, cocktail, udang, hamburger, seafood dan makanan cina.

Jika anda yang ingin makanan bergaya Eropa, maka anda dapat menikmatinya di Restoran Matoa yang ada di Hotel Matoa.

Jika anda menginginkan restoran yang bersih dan luas maka datanglah ke Nirwana. Nirwana menyajikan masakan padang dan dapat anda temui di Ahmad Yani no. 40. Simpang Tiga Padang terletak di Jalan Percetakan No. 92.

Anda yang gemar dengan makanan laut dapat menikmatinya di Porasco. Restoran dengan bergaya sisi terbuka tersebut buka pukul 6 sampai 11. Restoran ini terletak di teluk dekat gereja. Karena direstoran ini makanan dapat ditawar, jadi pastikan dulu anda menawar harga dengan budget anda sebelum memesan.

Rasa sayang adalah restoran yang menawarkan banyak jenis makanan, namun favorit disini adalah sate. Restoran ini terletak di Jalan Ahmad yani no. 52, tepatnya di Hotel Triton.

Jika anda menginginkan perpaduan makanan dari Indonesia dan Eropa, maka Yotefa adalah pilihan yang tepat. Restoran ini teletak di Jalan percetakan no. 64

Jika anda yang ingin makanan ringan atau sekedar mengisi perut anda dapat pergi ke Pasar Malam di depan Kantor Pelni, disini tersedia beberapa macam makanan setiap harinya. Diantaranya adalah pisang goreng, bubur ayam, soto madura, bakso, dan makanan ringan lainnya.

Kuliner Daging Buaya
Kuliner Daging Buaya
Dari semua pilihan kuliner yang ada diatas, belum puas rasanya jika anda belum mencicipi daging buaya. Di Jayapura dan Sentani beternak buaya adalah pekerjaan, disini tersedia buaya dari segala jenis ukuran. Jadi jangan sampai kelewatan untuk menikmati pengalaman yang eksotis ini.

 

 

 

 

Apa saja transportasi menuju Jayapura?


Udara

Jalur udara menuju Jayapura cukup banyak, jadi anda tidak harus menyesuaikan jadwal keberangkatan yang ada. Contohnya seperti Garuda Indonesia dan Merpati Airlines yang hampir setiap hari membuka jalur penerbangan ke Jayapura.

Di Jayapura sendiri ada beberapa alternatif jasa jalur udara yang bisa anda gunakan selama berada di Jayapura untuk mengililing pulau – pulau atau kota – kota di derah sana. Contohnya seperti MAF (Misionaris Aviation Fellowship - Protestan) yang terletak di sebelah terminal udara sentani. Namun penerbangan MAF diatur sesuai kebutuhan gereja, jadi jika anda ingin menggunakan jasa MAF sebelumnya anda harus menghubungi pihak MAF terlebih dulu, minimal 2 bulan sebelumnya. Selanjutnya adalah AMA (The American Missionary Alliance), jasa ini sama dengan MAF, namun bedanya ini versi Katolik Roma.

Laut

Jika anda yang senang berpergian dengan menggunakan jalur laut, maka Kantor Pelni yang mempunyai Kapal Jerman menyediakan jasa penyebrangan menuju Jakarta ke Jayapura atau sebaliknya dan kota – kota lainnya setiap 15 hari sekali.

Darat

Dikarenakan jaraknya yang sangat jauh. Jarang sekali atau malah tidak ada jasa yang menawarkan jalur darat menuju Jayapura. Namun di Jayapura sendiri ada beberapa opsi jalur darat yang bisa digunakan selama anda berpergian di Jayapura. Kendaraan tersebut tersedia mulai dari bandara, seperti angkutan umum dan minibus sewaan. Namun, sekali lagi harus diperhatikan, jika anda memakai jasa penyewaaan anda harus deal terlebih dahulu dengan harga yang diberikan sebelum anda memakai jasa tersebut.

Apa saja akomodasi di Jayapura?


Anda akan menjumpai banyak hotel di Jayapura. Mulai dari hotel yang memilik AC atau hanya menggunakan kipas. Namun harga di hotel Jayapura akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan daerah lain di Papua. Harga hotel di Jayapura dimulai dari harga 350 ribu sampai jutaan, tergantung fasilitas dan bintang berapa hotel tersebut.

Jika budget anda tidak terlalu banyak, di sepanjang jalan Sentani menuju Jayapura tersedia juga penginapan dengan tarif yang relatif murah. Adapun lebih jelasnya daftar hotel di Jayapura bisa diliat referensi dari sini http://jayapura.infoisinfo.co.id/cari/akomodasi

2 comments:

  1. KESAKSIAN KISAH NYATA 2017

    Kesaksian Edisi 2017. Nama: Bpk. Hidayat M.Rohadi. Kota: Semarang. Jawa Tengah
    Segala Syukur Saya Ucapkan Kepada Allah SWT, Atas Segalah Kuasanya Hingga Ada Sosok Seperti Mbah Bintang Jagat Dimuka Bumi ini Yang Dianugerahi Kekuatan Spiritual Islami, Mbah Bintang Telah Memberikan Saya Dan Keluarga Saya Kebahagiaan, Berkat Bantuan DANA GHOIB 15 Milyar Yang Mbah Bintang Jagat Berikan Kini Bisnis PROPERTY Keluarga Yang Saya Jalankan Sekarang Sudah Sudah Hampir Selesai Pembangunan, DANA GHAIB Dari Mbah Bintang Jagat Saya Pakai Untuk Pelunasan Tanah Dan Sisanya Untuk Pembangunannya..
    Saya Ucapkan Terima Kasih Kepada Mbah Bintang Jagat Karna Bantuan Anda, Akhirnya saya Bisa Sukses, Semoga Anda Juga Merasakan Keberuntungan Saya ini, Demikian Kesaksian Saya Buat Tanpa Adanya pemaksaan Dari Pihak manapun, Wassalam
    KLIK:> Solusi Pesoalan Ekonomi 2017

    ReplyDelete
  2. wah mantap banget min, setelah baca arrtikel ini jadi pengen berkunjung ke jaya pura nih, tempat-tempat disana benar-benar bikin wisatawan jadi greget
    thanks ya min buat infnya

    ReplyDelete