Friday, July 24, 2015

Pulau Komodo 7 Keajaiban Dunia



Komodo Island
Komodo Island


Komodo Island atau yang biasa disebut Pulau Komodo adalah salah satu pulau di Negara Indonesia. Pulau ini sangat terkenal sebagai habitat komodo, kadal terbesar di Bumi, dan dijadikan sebagai nama pulau tersebut.

Pulau Komodo memiliki luas permukaan 390 kilometer persegi dan populasi manusia lebih dari dua ribu jiwa. Orang - orang dari Pulau Komodo adalah keturunan mantan narapidana yang diasingkan ke pulau tersebut dan telah bercampur dengan suku Bugis dari Sulawesi. Mayoritas agama di pulau ini adalah Islam tapi ada juga beberapa penganut agama Kristen dan Hindu.

Pulau Komodo adalah bagian dari Pulau Sunda Lesser dan merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo. Secara Administratif pulau ini adalah bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Komodo?

 

Flores
Flores

Snorkeling dan Menyelam

Pulau Komodo merupakan surganya para pencinta keindahan bawah laut, karena di kawasan Taman Nasional Komodo terdapat berbagai jenis pari manta, hiu, duyung, hawskbill, penyu hijau, hiu, lumba – lumba, sponge, kepiting, terumbu karang dan ikan. Semua keindahan bawah laut tersebut memang bukan hal yang mengejutkan bagi Pulau Komodo, karena pulau ini memang terletak di Jantung Segitiga Terumbu Karang yang terbentang di enam negara Asia Pasifik dengan luas wilayahnya mencapai 6 juta kilometer persegi. Adapun negara tersebut adalah Papua Nugini, Indonesia, Filiphina, Malaysia, Timor Leste dan Kepulauan Solomon.

Titik – titik penyelaman di Taman Nasional Komodo tersebar dari bagian barat, tengah, selatan dan utara Pulau Komodo. Di Pulau Komodo bagian barat meliputi lokasi penyelaman Tukoh Serikaya, Broken Hill, dan Wizards Hat. Di Pulau Komodo bagian tengah saja terdapat Wainilu, Three Sisters, Pillarstein, Tatawa Kecil, Tatawa Besar, Siaba Kecil, Siaba Besar, Pink Beach, Pengah Kecil, Mawan, Batu Bolong, Manta Point, dan lainnya. Sementara di Pulau Komodo bagian Selatan, terdapat titik penyelaman bernama Manta Alley, German Flag, Twins.

Jika anda tertarik untuk menyelam, disarankan untuk pergi ke Pulau ini pada bulan Maret hingga Desember, karena itu adalah musim terbaik untuk menikmati surga bawah laut tersebut. Walaupun penyelaman sebenarnya dibuka sepanjang musim.

Trekking

Tidak lengkap rasanya jika anda pergi ke Pulau Komodo tapi tidak melihat satupun komodo di Pulau ini. Maka jika anda ingin merasakan pengalaman yang luar biasa dan menantang diri anda untuk berjalan menikmati keindahan Pulau Komodo maka disini sudah siapkan jalut trekking yang sudah dirancang agar anda dapat melihatnya secara langsung dengan bola mata anda sendiri.

Jalur trekking yang disediakan ada 2, yaitu dari Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Jika anda pergi melalui Pulau Komodo anda harus tahan berjalan selama 3 sampai 4 jam mendaki Gunung Ara setinggi 538 m di atas permukaan laut. Namun jika anda pergi melalui jalur Pulau Rinca maka anda hanya perlu berjalan selama 1.5 jam. Dan jika anda beruntung anda dapat melihat komodo yang sedang berjalan perlahan sepanjang jalan, berkelahi atau menyerang mangsanya.

Disini anda tidak hanya bisa melihat komodo. Tapi anda dapat mengunjungi taman untuk melihat kuda liar, banteng atau sekelompok rusa. Dan jika anda merasa bosan anda dapat menyewa kapal untuk berkeliling dengan kisaran harga Rp. 350.000/hari dan ini tergantung jarak.

Berbelanja

Tidak lengkap rasanya jika kita berkunjung ke suata wilayah tidak membeli oleh – oleh khas daerah tersebut. Di awal kedatangan anda di Loh Buaya dan Loh Liang anda akan disambut dengan sederetan toko cinderamata yang menawarkan patung komodo dan kaos bergambar komodo. Kualitas kaos disini sangat bagus, maka jangan sampe anda tidak membelinya.

Apa saja transportasi ke Pulau Komodo?

 

Komodo
Komodo

Udara

Jalur udara berarti anda harus menggukan pesawat dari Denpasar menuju Labuan Bajo. Tersedia penerbangan setiap harinya, antara 2 sampai 3 penerbangan dengan menggunakan maskapai Merpati, Indonesia Air Transport dan Trasnusa. Lama perjalanan dari denpasar menuju Labuan Bajo sekitar 1.5 jam.

Opsi lain jika anda lebih dekat dari Kupang, maka anda dapat terbang melalui kota ini menuju Labuan Bajo. Biasanya terdapat penerbangan 2 kali seminggu dari Kupang. Kemudian, setelah sampai di Labuan Bajo anda dapat melanjutkan perjalanan dengan kapal ferry ke Pulau Komodo

Laut

Jalur laut berarti anda harus menggunakan kapal dari tanjung Benoa, Bali. ke Labuan Bajo. Perahu motor yang menghubungkan antar pulau dari Sape Nusa Tenggara Barat juga tersedia setiap harinya jika keadaan cuaca memungkinkan Kemudian, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan kapal ferry ke Pulau Komodo

Darat

Jalur darat tersedia Bus atau angkutan umum lainnya dari Denpasar menuju Labuan Bajo. Bus ini akan menyebrang menggunakan kapal dan anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal ferry menuju Pulau Komodo

Opsi lain jika anda tertarik melakukan perjalanan panjang menuju Labuan Bajo. Anda dapat menikmati keindahan flores dengan memulai perjalanan dari Maumere ke barat seperti, Moni, Kelimutu, Ende, Bena, Bajawa, Ruteng, dan terakhir Labuan Bajo.

Live On Board

Opsi terakhir namun yang tak kalah berkesan adalah live on board. Jika anda memilih live on board, anda akan berlayar dengan kapal pesiar dan menginap beberapa hari sampai menuju Pulau Komodo. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap, tergantung dari paket yang anda pilih. Kisaran harga untuk paketnya berkisar antara 175 – 10.000 USD per malam. Selama pelayaran anda dapat menyelam bersama rombongan dan pemandu. Live on board dapat anda nikmati dari Bali, Bima, Labuan Bajo dan Lombok

Apa saja akomodasi di Pulau Komodo?

 

Pulau Komodo
Pulau Komodo

Home Stay

Rumah penjaga Taman Nasional Komodo tersedia di pulau ini jika anda menginginkan suasana bergaya ekologi. Dengan dengan fasilitas modern seperti kamar mandi pribadi, persediaan listrik yang terbatas, makan. Dan kelebihan yang ditawarkan jika menginap disini adalah anda dapat menikmati suasana pantai Loh Liang, karena hanya beberapa langkah saja dari home stay.

 

Resor Puri Komodo, Batu Gosok

Resor ini merupakan semenanjung yang terpisah. Letaknya di ujung barat laut Pulau Flores. Tempat yang terkenal dengan nama Batu Gosoknya ini menawarkan berbagai kesenangan dan pengalaman untuk bertravelling. Karena disini anda dapat melakukan snorkeling, penyelaman dan wisata alam bebas. Disini anda dapat bermanja – manja di pantai karena teluk kecil ini memiliki lebih dari 1.000 m pantai berpasir putih dan dermaga kayu mencuat 450 m ke dalam laut berwarna turquoise. Tak ketinggalan anda dapat menikmati keindahan taman laut yang fuschia, biru, kuning dan ungu bercampur dengan ikan warna cerah ikan yang berenang di antara karang-karang.

Pondok Ekologi Bajo Komodo

Organisasi non profit Iniradef adalah pengelola Pondok Ekologi ini. Di tempat ini terdapat program pembangunan masyarakat setempat dan bangunan konservasi yang ramah lingkungan. Sehingga anda dapat menjumpai air panas dengan tenaga surya, pengolahan limbah untuk perkebunan dan sistem penyimpanan air.

Akomodasi Perahu dari Labuan Bajo

Di Labuan Bajo anda dapat menginap dengan kisaran harga Rp. 100.000/malam dan disini juga tersedia restotaran yang memasang tarif sekitar Rp. 20.000/orang. Adapun fasilitis yang di dapat adalah tempat tidur sederhana di dek kapal dengan kasur cukup untuk kelompok kecil sampai 4 orang, makanannya dimasak langsung di atas kapal, tersedia air mineral dalam botol, dan toilet sederhana.

Akomodasi Perahu berangkat dari Bima

Perahu dari Bima tersedia dengan fasilitas yang lebih baik dari perahu Labuan Bajo. Fasilitas yang ditawarkan antara lain kabin, fasilitas makan, dan peralatan keamanan. Walaupun lama perjalanan mencapai 7 jam jika anda berangkat melalui Bima.

No comments:

Post a Comment