Wednesday, July 29, 2015

Gunung Batur Kintamani Bali


Gunung Batur Kintamani Bali
Gunung Batur Kintamani Bali


Gunung Batur merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia dan sudah meletus beberapa kali, namun jangan khawatir, tempat ini tetap aman bagi anda untuk berlibur bersama keluarga, karena pengamanan dan evakuasi bahaya ditempat ini cepat dan efisien. Gunung Batur terletak di Kecamatan Batur, Bali. tepatnya di barat laut Gunung Agung. Gunung yang memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 km ini tercatat mulai meletus pada tahun 1804 sampai tahun 2000. Letusan paling dahsyatnya pada tahun 1926 yang terjadi pada tanggal 2 Agustus sampai tanggal 21 September. Letusan tersebut dianggap paling dahsyat karena membuat 2 buah desa binasa, yaitu desa Pura Ulun Danu Batur dan Desa Batur.

Apa saja yang dapat anda lakukan di Gunung Batur?

Gunung Batur
Gunung Batur

Gunung Batur

Jika anda ingin paket lengkap liburan maka Batur adalah tempat yang sempurna untuk anda berlibur di Bali, karena di Gunung Batur Kintamani Bali anda dapat menikmati berbagai wisata. Batur merupakan salah satu kawasan wisata di Bali yang tidak hanya menyediakan pemandangan namun anda juga dapat menyantap hidangan sambil bersantai di restoran dengan udaranya yang sejuk. Tidak ketinggalan sebuah tempat pemandian air panas yang dapat memanjakan tubuh anda ketika letih berjalan – jalan di area ini.

Jika anda pergi ke Gunung Batur dan melihatnya dari bawah kaki gunung, jangan kaget bila anda melihat warna gunung ini seperti kehitam – hitaman. Mungkin anda akan berfikir warna tersebut terjadi karena letusan gunung berapi yang membumihanguskan kawasan di area sekitar Gunung Batur, tapi semua asumsi anda salah. Warna yang membuat Gunung Batur ini menjadi indah dan mempesona adalah sekumpulan bebatuan yang berada di sekitar area Gunung Batur.

Bagi anda yang hobi trekking, maka Gunung Batur adalah salah satu tempat liburan yang cocok untuk anda. Karena di Gunung ini anda akan disuguhkan pemandangan yang begitu indah, selain itu anda juga dapat menyaksikan Gunung Rinjani dan Gunung Agung berdiri kokoh menemani Gunung Batur dari kejauhan. Jika anda berkeinginan untuk mendaki gunung ini maka disarankan untuk menyewa jasa seorang pemandu untuk mengantar anda berpetualang ke puncak Gunung Batur atau mengajak teman atau sanak saudara yang sudah pernah melakukan pendakian ke Gunung ini sebelumnya, karena hal itu akan jauh lebih aman bagi anda.

 
Trunyan
Trunyan

Pemakaman Trunyan

Jika trekking tidak terlalu menantang untuk anda, kenapa tidak mencoba wisata budaya di daerah ini. Sekali lagi nyali anda akan ditantang disini. Karena anda akan melihat sebuah mayat yang baru saja mati tepat di bawah pohon. Ya di batur anda dapat menemukan sebuah pemakaman desa yang jenazahnya tidak dikuburkan atau dibakar, melainkan diletakan begitu saja di bawah pohon. Namun sebelum jenazah – jenazah itu diletakan di bawah pohon terdapat upacara kematian adat yang cukup rumit bagi jenazah tersebut. Letak pemakaman tersebut berada di Gunung Batur, Trunyan, tepatnya disebalh utara Trunyan yang lokasinya bernama kuban.

 
Danau Batur
Danau Batur

Danau Batur

Kawasan wisata lain disini adalah Danau Batur, yang dapat disandingkan dengan Danau Toba, Sumatera Utara. Selain tempat wisata Danau Batur juga sangat bermanfaat bagi warga, karena di daerah ini sudah dijadikan tempat bertani oleh warga setempat dan ditempat ini juga muncul beberapa sumber air yang digunakan oleh warga bernama Tirta Suci. Hal ini semua bisa terjadi karena Danau Batur terletak pada ketinggian diatas 1000 m diatas laut dan letusan dahsyat 20.150 dan 29.300 tahun lalu yang membuat tanah di sekitar danau Batur menjadi subur. Selain itu letusan tersebut juga membentuk 2 buah kaldera yang memiliki luas 16 km2 dan Danau Batur yang berbentuk danau sabit berada di dalam kaldera tersebut.

 
Toya Bungkah
Toya Bungkah

Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Jika anda yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan Gunung Batur anda dapat ketempat pemandian air panas yang bernama Toya Bungkah. Letaknya di pinggir barat Danau Batur. Cobalah berendam disana dan rasakan manfaatnya, karena di pemandian air panas ini konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit. Selain itu ada juga Tirta Sanjiwani Hot Spring Complex yang menawarkan hal serupa, namun disini lebih tertutup dibandingkah dengan Toya Bungkah. Jadi anda dapat lebih nyaman bersantai tanpa takut diperhatikan oleh orang lain. Biasanya wisatawan yang pergi ke Tirta Sanjiwani adalah para pendaki yang lelah setelah mendaki Gunung Batur dan berniat untuk menghilangkan pegal – pegal.

Danau Batur terletak di Desa Kedisan. Untuk sampai ke Danau Batur anda harus menuruni bukit terjal, berbatu dan berpasir. Namum bagi anda yang merasa bahwa semua kegiatan diatas terlalu menantang dan berbahaya, maka anda dapat mencoba wisata lain di daerah ini. Gunung Batur menyediakan obyek wisata lain seperti Desa Batur, Buahan, Toya Bungkah, Kedisan, Penulisan, Songan dan cukup menikmati kawasan dengan pemandangan yang cukup eksotis seperti kaldera atau kawah.

Apa saja transportasi menuju Gunung Batur?


Bagi anda yang sudah berada di Bali, anda dapat menuju Kintamani daerah dimana Gunung Batur berada mulai dari Nusa Dua, Ubud,  Sanur atau Kuta. Anda dapat menggunakan mobil atau motor sewaan atau jika anda ingin yang lebih praktis anda dapat menggunakan agen perjalanan. Waktu tempuh dari kota – kota tersebut biasanya sekitar 1 atau 2 jam.

Apa saja akomodasi di Gunung Batur?


Akomodasi di kawasan wisata Gunung Batur cukup lengkap, mulai dari transportasi umum, restoran atau rumah makan, hotel atau penginapan tersedia disini. Berikut beberapa hotel dan penginapan yang dapat anda jadikan refrensi untuk bermalam disini.

Surya Hotel and Resturant
Jl. Kedisan [Lake Batur], Kintamani Bali,Indonesia
Telp/Fax : [62 366] 51378 Email: info@suryahotel.com

Puri Bening Hayato
Toyabungkah - Kintamani, Bali - Indonesia
E-mail : puribening@indo.com

Astra Dana Hotel
Kedisan Kedisan Kintamani 80652 Bangli
Tlp:0366-52091

Baruna Pondok Wisata
Buahan Kintamani 80652 Bangli
Tlp: 0366-51221

No comments:

Post a Comment