Friday, July 31, 2015

Tanah Lot – Kuil di Atas Batu


Tanah Lot
Tanah Lot

Dari sekian banyak tempat wisata yang ditawarkan oleh Pulau Bali dan banyaknya pura yang ada di Bali, hanya Tanah Lot Bali yang mempunyai keunikan tersendiri dengan letaknya yang berada di tengah laut dengan jarak kurang lebih 300 meter dari bibi pantai. Selain itu di Tanah Lot Bali Indonesia juga terdapat gua besar yang berada di tengah – tengah sebuah batu karang. Disini anda juga dapat menikmati matahari terbenam yang tidak kalah indah dengan tempat – tempat lain di Bali.



Sejarah Pura Tanah Lot Bali


Sejarah Tanah Lot
Sejarah Tanah Lot

Pada abad ke 15 Tanah Lot didirikan oleh seorang Pedanda atau Pendeta dari kerajaan Majapahit yang bermana Danyang Nirata atau Bawu Rawuh. Pembangunan Pura Tanah Lot dilakukan oleh Danyang Nirata pada saat melakukan perjalanan untuk menyebarkan Agama Hindu di tanah Jawa pada abad ke 16. Sebelum mendapatkan petunjuk untuk membangun Pura Tanah Lot, Danyang Nirata mendapatkan kesempurnaan batin setelah merasakan adanya aura getaran – getaran suci di tempat tersebut. Tanah Lot sendiri artinya adalah tanah yang berada di tengah laut, nama ini adalah perpaduan dari kata tanah yang berarti batu karang dan lot yang artinya laut.

Menurut legenda yang beredar di sekitar, perjalanan Danyang Narita untuk menyebarkan Agama Hindu di tanah Jawa berhasil menarik warga setempat dan banyak dari mereka yang akhirnya menganut Agama Hindu. Tapi karena kejadian tersebut, Danyang Narita dipaksa pergi dari tempat tersebut oleh seseorang yang bernama Bendesa Beraban. Dia adalah seorang pemimpin suci yang telah lama memimpin di daearah tersebut dan dia merasa tersaingi dengan banyak pengikutnya yang berubah haluan menganut agama yang dibawa oleh Danyang Narita.

Konon sebelum pergi Danyang Narita membangun pura disana dengan cara memindahkan bongkahan batu yang besar ke tengah pantai. Selain itu dia juga mengubah selendangnya menjadi seekor ular, yang berfungsi untuk menjaga tempat tersebut. Oleh karna kejadian tersebut, Bendesa Beraban merasa kagum dan akhirnya memutuskan untuk menjadi pengikut Danyang Narita.

Apa yang dapat anda lakukan di Pura Tanah Lot Bali?


Tanah Lot Bali
Tanah Lot Bali

Mengeliling Pura Tanah Lot dan pura - pura di sekitarnya

Pura Tana Lot ini digunakan sebagai tempat pemujaan untuk dewa penjaga laut dan pura ini juga termasuk bagian dari Pura Dang Kahyangan. Disini juga terdapat beberapa pura selain Pura Tanah Lot. Yang pertama adalah Pura yang menjorok ke laut dan letaknya berada di atas tebing, pura ini berada di sebelah utara Pura Tanah Lot. Tebing ini bentuknya menyerupai jembatan yang melengkung, fungsinya adalah menghubungkan pura tersebut dengan daratan. Kemudian yang kedua adalah pura yang persis dengan Pura Luhur Uluwatu karena letaknya diatas tebing dan yang terakhir letaknya berada di bongkahan batu besar. Kedua pura ini memang berdekatan dengan letaknya hampir sama, karena mereka berada di atas batu yang besar. Jika anda yang bosan, anda juga dapat pergi ke Pantai Tanah Lot atau pantai yang berada di sekitar Tanah Lot

Tanah Lot Bali Indonesia
Tanah Lot Bali Indonesia

Melihat fenomena matahari yang lelah memandang dunia

Jika anda beruntung, saat anda turun dari Pura Tanah Lot anda dapat menyaksikan fenomena alam yang beberapa kali terjadi di Tanah Lot. Fenomena alam ini sering dikatakan sebagai mata yang lelah memandang dunia, karena hal ini terjadi saat matahari terbenam dengan warnanya yang merah seperti darah berada tepat di lobang tebing. Namun anda hanya dapat menyaksikan fenomena ini pada bulan – bulan tertentu saja, biasanya fenomena tersebut terjadi saat matahari terbenam dan arahnya condong ke utara.

Tana Lot
Tana Lot

Air Suci Umat Hindu

Saat anda berjalan – jalan di sekitar Pura Tanah Lot ketika air laut sedang surut, anda dapat melihat sumber air tawar. Sumber air tawar ini adalah cikal bakal dibangunnya Pura Tanah Lot di lokasi tersebut dan sumber air tawar ini juga merupakan air suci bagi Umat Hindu. Bagi anda yang ingin melihatnya tanpa menunggu air laut surut, anda dapat pergi ke sebelah barat Pura Tanah Lot, disitu juga terdapat sumber air tawar yang sama. 

Bali Tanah Lot
Bali Tanah Lot

Ular penjaga Pura Tanah Lot

Anda juga dapat melihat ular penjaga Pura Tanah Lot. Anda dapat melihatnya di beberapa lorong tebing karang yang berada di sekitar Bali Tanah Lot. Jika anda melihatnya jangan takut, karena ular – ular belang ini termasuk ular yang jinak.

Apa saja transportasi menuju Pura Tanah Lot Bali?


Pura Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Anda dapat menggunakan transportasi umum, menyewa mobil atau motor atau menggunakan jasa agen perjalanan. Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 30 km, yaitu pertama dari Denpasar ke Tabanan sekitar 18 km, kemudian dari Tabanan ke Pura Tanah Lot sekitar 11 km.

Apa saja akomodasi di Pura Tanah Lot Bali?


Akomodasi di area sekitar Pura Tanah Lot banyak dan beragam. Anda dapat menemukan akomodasi mulai dari penginapan sampai hotel berbintang. Berikut adalah beberapa penginapan yang dapat anda jadikan refrensi untuk bermalam.

Waka Gangga Resort ( PT Manik Ning Gangga)
Alamat: Yeh Gangga, Sudimara
Telp: 0361.416256 0361.261352

Bali Wisata Bungalow Ny Gina Hardiani
Alamat: Yeh Gangga
Tel: 0361.261354 0361.261352

Taman Rai Ni Nyoman Rai
Alamat: Jl.Darmawangsa No.15
Telp: 0361.811708

Taruna Jaya I Gd Sudiarta
Alamat: Jl.Darmawangsa No.1 Tabanan
Telp: 0361.813316

Vista Hotel
Alamat: Jl. P Batam 31 Tabanan 811592

H. Tabanan Titin Indayani
Alamat: Jl. Pahlawan No. 10
Telp: 812635, 812636, 812637

Kuskus Indah Hotel I Gst Kade Oka,SH
Alamat: Jl. Batam No.32 Tabanan 815373

No comments:

Post a Comment